7 Mitos Nyi Roro Kidul Yang Mengejutkan

loading...
loading...
Mitos Nyi Roro Kidul Yang Mengejutkan. Banyaknya menjadi legenda, sejarah dan misteri nyi roro kidul yang hingga sampai saat ini masih ramai membicarakannya. Sebenarnya siapa itu nyai roro kidul atau sering di sebut sang ratu penguasa laut pantai selatan ini ?. nah inilah yang menjadi pertanyaan bagi kita semua. Asal usul nyi roro kidul asli memang beragam sekali, ada yang mengatakan bahwa nyai roro kidul yakni putri cantik dari kerajaan sunda, dan ada juga yang mengatakan bahwa ratu kidul yakni Dewi Nawagwulan dan lain sebagainya, sehingga menjadi cerita mitos tentang asal usulnya yang belum jelas kebenaranya.
7 Mitos Nyi Roro Kidul Yang Mengejutkan
Oleh karena itu mitos nyi roro kidul tersebut masih santer dibicarakan oleh banyaknya masyarakat. Konon menurut cerita bahwa nyai roro kidul yakni Jin berwajah sangat cantik sekali. Maka setiap orang yang bisa melihat ratu kidul maka dia akan terpesona olehnya. Lalu apa saja mitos ratu kidul ? Adapun mitos yang paling terkenal sebagai berikut.
Mitos Nyi Roro Kidul Yang Mengejutkan

1. Nama Asli Dewi Kadita

Ratu kidul terkenal dengan sosok putri berwajah cantik ini nama aslinya yakni Dewi Kadita. Dewi Kadita yakni putri cantik dari kerajaan Sunda. Ketidak suka ibu tirinya dengan Dewi Kadita sehingga dirinya di guna-guna, lalu di usir dari kerajaan sunda. Sehingga Dewi Kadita pergi ke laut pantai selatan.

Saat di laut pantai selatan Dewi Kadita tidak sengaja bertemu dengan seorang dukun sakti mandraguna, yang konon dukun itu bisa mengatasi guna-guna yang telah di kirimkan oleh ibu tirinya. Akan tetapi ketika guna-guna tersebut di keluarkan, Dewi Kadita menjadi sakit kulit yang sangat parah. ketika mengalami penyakit kulit, terdengar bisikan untuk mandi di panti selatan untuk menyembuhkan penyakit kulitnya. Hingga akhirnya Dewi Kadita kini menjadi putri laut pantai selatan, orang jawa banyak menyebutnya dengan ratu kidul.

2. Nama Asli Dewi Nawangwulan

Mitos ratu kidul selanjutnya yakni nama aslinya yakni Dewi Nawangwulan. Dimana dikisahkan Dewi Nawangwulan telah menjadi istri Jaka Tarub. Diceritakan bahwa Dewi Nawangwulan telah di kutuk menjadi Jin cantik yang kini berada di laut pantai selatan. Di karena telah melanggar pantangan dari kerajaan langit tidak boleh menikah dengan bangsa manusia. Namun pantangan tersebut dilanggar karena Dewi Nawangwulan jatuh cinta dengan seseorang pemuda bernama Jaka Tarub. Hingga akhirnya Dewi Nawangwulan di kutuk menjadi seorang Jin cantik.

3. Menjadi Pasangan Spiritual Sultan Mataram

Mitos ratu kidul yakni pasangan dari spiritual sultan mataram. Dikisahkan bahwa oleh seorang pangeran beranam Wanarno Kusuma yakni saat itu pangeran panembahan senopati berkeinginan untuk mendirikan sebuah kerajaan baru yang diberi nama kesultanan mataram. Namun untuk mendirikan kerajaan tersebu, panembahan senopati harus meminta izin terlebih dahulu kepada penguasa laut selatan. Sehingga penembahan senopati pun bertama di laut selatan, akan tetapi pertapaan senopati itu membuat ratu kidul terganggu oleh kedatangannya.

Sehingga ratu kidul mendatangi seseorang senopati yang sedang melakukan pertapaan tersebut. Ketika itulah menjadi suka dengan pria senopati itu, kemudian ratu kidul pun menampakan dirinya untuk menghentikan pertapaannya. Dalam arti telah mendapatkan izin dari nyi roro kidul untuk membangun sebuah kerajaan dan melindungi kerajaan tersebut.

4. Kamar 308 

Telah banyak misteri tentang kamar 308 ini yang terletak di hotel Inna Samudra. Kamar 308 ini konon di ceritakan bahwa kamar tersebut adalah kamar pribadi nyi roro kidul. Dalam arti di hari tertentu ratu kidul akan datang di kamar 308, maka tidak sedikit banyak orang bertadatangan hanya sekedar penasaran ataupun mencari sesuatu.

5. Menyukai Warna Hijau

Konon menurut beberapa orang berpendapat bahwa dari semua warna yang ada seperti merah, kuning, biru dan lain sebagainya. Namun semua warna tersebut tidak di sukai oleh kanjeng ratu kidul. Ternyata warna yang paling di sukai yakni warna hijau. Satu satunya warna yang sangat di sukai oleh ratu pantai selatan. Maka tidak heran jika anda melihat lukisan nyi roro kidul selalu memakai baju berwarna serba hijau. Maka banyak menjadi mitos apabila orang tenggelam karena memakai baju hijau di pantai selatan, sering di kaitan dengan ratu kidul.

6. Terdapat Gerbang Kerajaan Ratu Kidul

Selain itu mitos nyi roro kidul yang konon memiliki sebuah kerajaan yang sangat besar sekali. Kerajaan itu berada di alam lain. Jadi bukan berada di alam manusia, melainkan di alam ghaib. Namun terdapat sebuah gerbang atau pintu besar yakni pintu untuk menuju ke kerajaan ratu kidul seperti di keraton surakarta, hotel Inna Samudra, Parangtritis dan lain sebagainya.
Demikian informasi dalam kesempatan kali ini. Semoga informasi diatas dapat memberikan wawasan tentang mitos nyi roro kidul yang  mengejutkan dan ramai membicarakannya.

Share this :

Previous
Next Post »
loading...