8 Mitos Pantai Parangtritis Yang Mengejutkan

loading...
loading...
Mitos Pantai Parangtritis Yang Mengejutkan. Banyaknya menjadi misteri dan mitos pantai parangtritis Yogyakarta (Jogja). Apalagi membicarakan sejarah parangtritis yang konon dikatikan dengan nyi roro kidul sang puasa laut pantai selatan, memang mitos dan misteri pantai parangtritis menjadi berita viral di dunia maya. Tentunya bagi pembaca pasti pernah berkunjung disana, karena pantai prangtritis memang sangat terkenal sekali di Jawa Tengah, Jawa Barat ataupun di Jawa Timur.
8 Mitos Pantai Parangtritis Yang Mengejutkan
Disana anda akan menemukan keindahan alam yang menajubkan sekali, mulai dari obak yang besar dan angin yang berhembus cukup kencang. Maka tidak heran apabila disana banyak yang berjualan layang-layang. Selain itu juga apabila anda sedang liburan disana, anda bisa berkeliling memakai kuda, pada umumnya kuda banyak sekali di sewakan disana. Maka apabila anda ingin berkeliling bisa menggunakan kuda ataupun berjalan kaki. Tentu tidak lupa juga anda bisa berfoto bareng bersama teman ataupun dengan kekasih anda.
Mitos Pantai Parangtritis Yang Mengejutkan

Namun dibalik semua itu ternyata ada banyak sekali kejadian aneh di pantai parangtritis. Mulai dari misteri hingga mendengar cerita mitos pantai parangtritis Yogyakarta yang mengejutkan bagi pengunjung disana. Lalu apa saja mitos – mitos pantai prangtritis yang masih banyak di bicarakan oleh banyak orang ? Adapun mitos tersebut sebagai berikut.

1. Larangan Memakai Baju Hijau

Entah kapan mitos larangan memakai baju hijau di parangtritis tersebut ada. Yang jelas larangnya tersebut tentu ada penyebabnya. Namun yang paling kuat tentang larangan memakai baju hijau di parangtritis di karenakan sang penguasa laut pantai selatan bernama Nyi roro kidul sangat suka sekali dengan warna hijau. selain itu juga banyak orang terseret obak karena memakai baju hijau. hal inilah menjadi mitos larangan memakai baju hijau di pantai parangtritis.

Maka tidak heran apabila sedang belibur disana, anda tidak akan menemukan orang Jawa yang memakai baju berwarna hijau, karena takut apabila akan dijadikan budak kanjeng ratu kidul (nyi roro kidul), apalagi anda adalah seorang pria.

2. Penunggu di Laut Parangtritis

Mitos pantai parartitis terdapat penunggunya. Banyak sebagian orang mengatakan bahwa di pantai parangtritis terdapat penunggu gaib. Penunggu itu yakni Jin cantik yang memiliki kesaktian tinggi. Banyak orang menyebut Jin itu dengan sebutan Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu pantai parangtritis banyak menjadi cerita hangat di dunia maya.

3. Gerbang Menunju Kerajaan Ratu Kidul

Entah kapan mitos tersebut ada, yang jelas mitos ini sudah ada sejak dahulu. Konon katanya terdapat sebuah tempat untuk menunju kerajaan ratu kidul. Tempat itu yakni sebuah gerbang ghaib yang bisa mengantarakan di alam lain seperti kerajaan ratu kidul.

4. Ombak Banyak Menyeret Orang

Mitos ombak banyak menyeret orang sering sekali di katikan dengan sosok nyi roro kidul atau penunggu laut pantai selatan. Konon katanya orang yang tenggelam atau terseret ombak disana, orang tersebut akan di jadikan budak oleh ratu kanjeng kidul. Entah apa penyebab sehingga nyi roro kidul mengambil orang tersebut. Namun di duga karena ratu kidul suka dengan orang tersebut apalagi dia adalah seorang pria. Entah kapan mitos ini banyak diceritakan.

5. Melakukan Tradisi Lambunan

Tujuan uparan yang disebut tradisi lambunan ini untuk meminta izin dari kanjeng ratu kidul atau bisa disebut sebagai doa restu, agar kesultanan Yogyakarta semakin sejahterah dan makmur. Maka tidak sedikit banyaknya orang berdatangan untuk melihat upacara tradisi labuhan yang berlangsung.

6. Menyukai Warna Hijau

Seperti yang di jelaskan diatas bahwa kanjeng ratu kidul yakni penguasa di laut selatan, maka pantai parangtritis juga termasuk, namun yang di pertanyakan adalah ternyata sosok nyi roro kidul yang konon berwajah cantik ini ternyata hanya menyukai warna hijau saja.

7. Nyi Roro Kidul dengan Nyi Blorong

Banyak orang berpendapat bahwa ratu nyi roro kidul memiliki saudara kembar. Namun ternyata nyi blorong bukan saudara kembar nyi roro kidul. Yang menyamakan karena sama-sama menyukai warna hijau. maka sebagian orang salah menduga bahwa nyi roro kidul memiliki saudara kembar. Menurut beberapa orang berpendapat bahwa Nyi blorong yakni salah satu petinggi dari kerajaan nyi roro kidul.

8. Hubungan Dengan Kesultanan Yogyakarta

Entah kapan mitos ini berawal, konon katanya nyi roro kidul ini mempunyai ikatan dengan kesultanan Yogyakarta. Maka sebab itu apabila ada kegiatan yang ingin di lakukan, maka terlebih dahulu meminta izin dari kanjeng ratu kidul. Apabila tidak, maka kegiatan yang sudah di jalani akan berakhir tragis.
Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga dapat memberikan pengetahuan tentang mitos yang ada di parangtritis. Sekian mengenai mitos pantai parangtritis yang mengejutkan.

Share this :

Previous
Next Post »
loading...