10 Mitos Alas Purwo Banyuwangi di Jawa Timur

loading...
loading...
Mitos Alas Purwo Banyuwangi di Jawa Timur. Banyaknya menjadi cerita misteri dan mitos Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur. Mulai dari legenda sejarah hingga keangkerannya tentang penampakan hantu yang terjadi. Memang di Alas Purwo banyak tersimpan mistik. Salah satu mitos yang paling terkenal yakni terdapat kerajaan Jin, benarkah sedemikian tersebut ? Untuk lebih jelasnya mari kita membahas bersama mengenal beberapa misteri dan mitos yang ada di Alas Purwo Banyuwangi ini.
10 Mitos Alas Purwo Banyuwangi di Jawa Timur
Alas Purwo yakni sebuah taman Nasional yang terletak di Kecamatan Purwoharjo Tegaldlimo, Banyuwangi di Jawa Timur. Tahukah anda kenapa taman tersebut di namakan dengan Alas Purwo ? Hal inilah yang masih banyak di pertanyakan. Namun banyaknya orang menyebut yakni merupakan hutan paling tertua di pulau Jawa. Oleh karena itulah Taman Nasional ini sering di kenal Alas Purwo atau disebut Hutan Keramat. Lalu apa saja mitos yang banyak dibicarakan ? Adapun mitos tersebut sebagai berikut.
Mitos Alas Purwo Banyuwangi di Jawa Timur

1. Terdapat Pintu Masuk Dimensi Ghaib

Konon Taman Nasional Alas Purwo terdapat sebuah pintu masuk dimensi ghaib. Dahulu disebut sebagai Purwa Kala, namun sekarang ini banyak orang mengenal dengan sebutan Alas Purwo. Di zaman dahulu ada cerita mengenai pintu masuk dimensi ghaib itu terbuka, disebabkan pada masa itu tanah Jawa yang masih Gung Lewang Lewung. Sehingga dahulu banyak orang pergi kesana untuk menemui ajalnya, istilahnya Jalmo Moro Jalmo Mati, seebab pada zaman dahulu pintu demensi gaib itu terbuka, sehingga makhuk ghaib dari dimensi lain bisa menyebarkan aura hitam yang dapat membuat manusia menjadi lupa diri, entah kapan mitos ini ada.

2. Sebagai Tempat Bertapa

Di Alas Purwo terdapat sebuah gua, konon katanya banyak gua-gua. Di gua itulah banyak orang yang berdatangan untuk melakukan pertapaan, oleh karena itu jangan kaget jika anda sedang berkunjung disana, anda menemukan atau mencium bau kemenyan maupun sesaji.

3. Sebagai Pusat Kerajaan Jin

Konon Alas Purwo yakni hutan tertua di pulau Jawa adalah  pusat kerajaan Jin. Entah kapan mitos yang satu ini ada. Namun banyak cerita tentang Alas Purwo terdapat kerajaan Jin. Apabila manusia terperangkap di dimensi ghaib, maka orang tersebut tidak bisa kembali lagi. Apabila bisa maka kemungkinan orang itu akan menjadi gila.

5. Salah Satu Tempat Pesugihan

Ternyata selain tempat lain,  juga dapat sebagai salah satu tempat pesugihan. hal tersebut di karenakan disana adalah pusat kerajaan Jin, sehingga orang berdatangan terkadang mencari sesuatu hal berbau syirik seperti meminta rezeki dari mahkluk ghaib dengan melakukan pesugihan.

6. Larangan Membawa Barang

Entah kapan mitos tersebut ada, konon katanya apabila membawa barang ketika berada dalam, maka orang itu akan jatuh sakit.

7. Terdapat Makam Keramat

Selain  terkenal dengan keangkeran dan pusat kerajaaan Jin. Konon terdapat makam keramat, yang anehnya makam itu berisi sebua pusaka yang sudah di jaga oleh perajurit berbadan besar di zaman dahulu.

9.  Mencari Ketenangan Batin

Tahukah anda konon pada zaman dahulu, taman tersebut pernah di datangi oleh presiden Soekarno. Beberapa orang berpendapat bahwa presiden Soekarno datang kesana untuk melakukan pertapaan, yang bertujuan untuk mencari ketenangan batin.

10. Keangkeran

Selain terkenal dengan Hutan tertua di pulau Jawa. Dan juga terkenal dengan keangkerannya, menurut beberapa orang berkata bahwa memang banyak penampakan yang ada. Karena disana menjadi salah satu pusat kerajaan Jin.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan  Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan tentang berbagai mitos yang ada. Sekian pembahasan kami mengenai mitos Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur.

Share this :

Previous
Next Post »
loading...