20 Mitos-Mitos Jawa Yang Masih di Percaya

loading...
loading...
Mitos-Mitos Jawa Yang Masih di Percaya. Banyaknya cerita misteri dan mitos yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah ataupun di Jawa Timur. Memang banyaknya misteri dan mitos yang kurang masuk akal seperti mitos duduk di depan pintu konon akan sulit mendapatkan jodoh. Dalam kesempatan kali ini akan sedikit untuk membahas mitos Jawa yang paling terkenal di Jawa Barat, Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Lalu bagaimana mitos-mitos tersebut ? Adapun mitos jawa masih di percaya sebagai berikut.
20 Mitos-Mitos Jawa Yang Masih di Percaya
Baca Juga  : Mitos Candi Prambanan Yang Mengerikan
Mitos-Mitos Jawa Yang Masih di Percaya

1. Tentang Duduk Depan Pintu

Mitos yang satu ini khusus bagi anda yang belum memiliki jodoh. Konon menurut cerita bahwa orang sering duduk di depan pintu rumah, maka dia akan sulit mendapatkan jodoh tepat.

2. Larangan Keluar Menjelang Maghrib

Pernahkan mendengar mitos larangan keluar menjelang magrib. Mitosnya begini konon apabila anak keluar saat menjelang maghrib, bisa di culik wewe gombel. Memang saat adzan maghrib tiba, semua mahkluk ghaib seperti kuntilanak, demit, gendruo, bangsa jin, wewe gombel akan keluar dan berkeliaran di berbagai tempat. Mitos yang satu ini cukup terkenal di berbagai masyarakat Jawa.

3. Tentang Mandi Tengah Malam

Konon ada cerita mitos tidak boleh mandi terlalu malam-malam. karena dapat menyebabkan penyakit rematik. Mitos ini cukup di kenal berbagai masyarakat Jawa.

4. Memakai Payung di Dalam Rumah

Bagi pembaca sudah tidak asing mendengar mitos membuka payung di dalam rumah. Mitos ini juga ada di film horor. Yang konon apabila orang memakai payung dalam rumah, maka akan mendatangkan setan.

5. Tidur Saat Maghrib

Ada cerita mitos yang cukup mengerikan, konon apabila orang sering tidur saat malam hari maka akan cepat meninggal. Maksudnya tidur tapi tidak bangun, bahasa jawanya keblabasan.

6. Tentang Membuang Sisa Makanan

Ada mitos tentang membuang sisa makanan. Mitosnya begini apabila orang tersebut sering membuang sisa makanan, kelak bisa mengalami bentrok dengan keluarganya.

7. Tentang Posisi Tidur

Ada cerita mitos tentang posisi tidur. Mitosnya begini konon apabila orang sering tidur kepala yang berada di utara dan sedangkan kaki berada di selatan, maka orang tersebut akan cepat meninggal. Entah bagaimana mitos ini ada.

9. Sering Mengigit Kuku

Mitos ini cukup aneh, konon katanya apabila orang tersebut sering mengigit kuku, maka akan mengundang kesialan ataupun nasib sial.

10.  Tentang Memotong Kuku

Pernahkan mendengar mitos ini. Konon apabila memotong kuku di malam hari, maka akan membuat usia menjadi lebih singkat, dalam arti akan cepat meninggal. Entah kapan mitos ini anda.

12. Larangan Menyapu Saat Malam Hari

Pernahkan mendengar mitos yang satu ini. Mitos larangan menyapu saat malam. konon orang menyapu di malam hari, maka akan susah memperoleh rezekinya. Mitos ini cukup terkenal di masyarakat.

13. Bulu Alis Mata

Mungkin ada sudah mendengar mitos ini. Mitos tentang bulu alis yang jatuh, menurut cerita bahwa apabila tiba-tiba bulu alis jatuh, maka itu suatu petanda bahwa ada seseorang kangen ataupun rindu dengan kita. Mitos ini cukup terkenal di masyarakat.

14. Tentang Kejatuhan Cicak

Mitos yang cukup populer dan terkenal yakni mitos kejatuhan cicak. Konon apabila orang sedang kejatuhan cicak di kepala, tangan, kaki ataupun pundak akan mengalami kesialan. Lebih mengerikan lagi pertanda ada keluarga akan meninggal. Mitos tersebut sangat terkenal sekali di berbagai wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

15. Bangun Kesiangan

Mitos yang satu ini sangat terkenal sekali di berbagai wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur ataupun Jawa Barat. Konon apabila orang bangun kesiangan akan sulit untuk mendapatkan rezekinya.

16. Burung Gagak Bersuara Di Malam Hari

Mitos yang satu ini cukup terkenal juga. Bahkan hingga sampai sekarang ini sebagaian orang ada juga mempercayai tentang mitos burung gagak. Konon apabila ada burung gagak bersuara di malam hari, maka ada orang yang meninggal. Banyak orang mengatakan bahwa burung gagak hitam yakni pemberi kabar buruk.

17. Tentang Menyapu Bersih

Kali ini mitos yang cukup aneh, konon apabila orang yang menyapu bersih, besok jodohnya cantik atau ganteng. Aneh bukan, namun mitos menyapu bersih masih saja ada orang mempercayainya.

18. Bersiul Malam Hari

Tahukah mitos yang satu ini mitos bersiul saat malam hari. Konon menurut cerita bahwa apabila orang bersiul di malam hari, yang artinya adalah memanggil setan. Maka orang-orang sebagian tidak berani untuk bersiul saat malam hari apalagi di tempat-tempat angker. Karena mereka percaya bahwa bersiul saat malam hari akan mendatangkan hantu.

19. Makan Tidak Habis

Mitos makan tidak habis yang mungkin pembaca sudah tidak asing mendengarnya, konon apabila orang makan tidak habis, maka apa di pelihara seperti burung, ayam ataupun lainnya cepat mati.

20. Burung Pentet Bersuara di Malam Hari

Ada mitos tentang burung pentet bersuara di malam hari. Mungkin bagi pembaca sudah tahu kan burung pentet. Kalau sudah tahu, mitosnya konon apabila burung pentet bersuara saat malam hari, maka di tempat itu ada hantu, atau setanya. Katanya burung pentet memiliki indera tajam yang bisa melihat mahkluk ghaib.
Demikian beberapa mitos Jawa yang masih di percaya berbagai kalangan masyarakat. Sebenarnya ada banyak sekali mitos ada di Jawa Barat, Jawa Tengah ataupun Jawa Timur yang aneh maupun paling terkenal. Namun dalam kesempatan ini hanya sedikit menuliskan beberapa masih saja ada orang mempercayainya seperti diatas. Semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahuan tentang seputar mitos Jawa yang masih di percaya

Share this :

Previous
Next Post »
loading...